Rabu, 16 Maret 2016

exploratorium.edu




exploratorium.edu adalah sebuah situs yang bisa kamu gunakan untuk melihat perbedaan umur dan berat badan kamu jika berada di planet lain.

Situs ini membuat kamu mengetahui perbedaan usia manusia seandainya bisa tinggal di planet-planet lain yang ada di Tata Surya. Perbedaan itu terjadi karena pengaruh waktu rotasi dan revolusi pada masing-masing planet yang pastinya berbeda.

Situs ini juga bisa menunjukkan perbedaan berat badan seandainya kita tinggal di planet selain Bumi. Hal ini dikarenakan berat suatu benda sangat dipengaruhi oleh percepatan gravitasi yang berlaku pada masing-masing planet. Berat berbeda dengan massa, karena massa tidak akan terpengaruh oleh percepatan gravitasi yang berlaku.


Untuk mencoba perhitungan umur kamu di planet-planet lain, pertama kamu harus mengunjungi web http://www.exploratorium.edu/ronh/age/ , setelah itu tinggal masukkan tanggal, bulan dan tahun lahir kamu. Lalu, klik 'Calculate'. Maka hasilnya kamu langsung bisa melihat perbedaan umur kamu jika berada di planet yang berbeda.
Contohnya, jika kamu lahir pada 12 Januari 1993, itu artinya usia kamu di Bumi adalah 23.1 tahun. Jika kamu berada di Merkurius usia kamu adalah 96.2 tahun, Venus 37.6 tahun, Mars 12.3 tahun, Jupiter 1.95 tahun, Saturnus 0.78 tahun, Uranus 0.27 tahun dan Neptunus 0.14 tahun.




Kemudian, untuk mengetahui perbedaan berat badan di planet lain, kunjungi http://www.exploratorium.edu/ronh/weight/ . Kamu tinggal masukkan berat badan kamu (dalam kilogram) pada kolom yang tersedia, lalu klik 'Calculate'.

Sebagai contoh jika berat badan kamu di Bumi adalah 64 kg, maka berat badan kamu di Merkurius 24.1 kg, Venus 58 kg, Mars 24.1 kg, Jupiter 151.2 kg, Saturnus 68 kg, Uranus 56.8 kg dan Neptunus 72 kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar