Selasa, 08 Maret 2016

Liquid Nitrogen Ice Cream

Sekarang ini baik di Indonesia maupun di Australia, sedang marak-maraknya es krim yang dibuat dengan menggunakan nitrogen cair.

Seolah sebagai pertunjukan yang menghibur bagi pendatangnya, pembuatan es krim ini dilakukan di tempat yang terbuka sehingga bisa dilihat oleh siapa saja. Uap putih yang mengepul oleh karena nitrogen sangatlah menarik untuk ditonton. Terkadang proses pembuatan es krim ini bisa membuat orang heran dan bertanya-tanya. Bagaimana sih sebenarnya proses pembuatan es krim dengan nitrogen cair?
Pembuatan Liquid Nitrogen Ice Cream
Penggunaan nitrogen cair dalam memasak sudah ada sejak lama, dan tercatat di buku resep bernama Fancy Ices oleh Agnes Marshall di tahun 1890. Pada dasarnya, nitrogen cair digunakan untuk membekukan bahan makanan dengan cepat, dan biasanya digunakan dalam makanan penutup seperti kue dan es krim. Hal ini bisa terjadi karena Nitrogen cair sangatlah dingin dan akan mendidih serta menguap dalam temperatur -196o celcius. Dengan menuangkan nitrogen cair yang sangat dingin ini, kristalisasi es akan berjalan dengan sangat cepat terhadap bahan pembuatan es krim seperti protein susu dan gula. Karena bersentuhan dengan udara hangat (lebih dari -196celcius), maka Nitrogen cair pun menguap dan menghasilkan uap putih yang membuat banyak orang terkesan. Karena proses pendinginan berlangsung dengan sangat cepat dan Nitrogen cair menghasilkan kristal es dalam jumlah yang sangat banyak, tekstur es krim nitrogen ini lebih lembut dari es krim biasanya.
Mungkin banyak orang yang khawatir dengan masalah keamanan dan kesehatan dalam menggunakan nitrogen cair ini. Sebenarnya bila ditanya apakah nitrogen cair itu berbahaya bagi tubuh, jawabannya adalah iya dan tidak. Nitrogen itu sendiri sebenarnya tidaklah berbahaya dan kandungannya dalam udara di bumi adalah sebesar 78.09%. Dalam bentuk cair, nitrogen yang sangat dingin ini, jika disentuh secara langsung oleh tangan bisa menyebabkan luka cold burns yang berbahaya.
Selain itu nitrogen cair yang menguap menyebabkan oksigen di udara sekitar menurun presentasenya dan bisa menyebabkan seseorang terkena asphyxia, alias kekurangan oksigen. Nitrogen cair juga tidak boleh disimpan sembarangan karena tekanan yang dihasilkan saat menguap bisa membuat ledakan yang besar. Dalam pembuatan es krim sendiri, nitrogen cair langsung menguap sehingga tidak akan terkonsumsi oleh kita.
Karena cara pembuatannya yang mudah, es krim nitrogen bisa kita ciptakan sendiri di rumah, tentu saja dengan selalu berhati-hati. Cara pembuatan es krim nitrogen bisa di lihat di situs http://www.polsci.wvu.edu/Henry/Icecream/Icecream.html

source : http://www.buset-online.com/liquid-nitrogen-ice-cream/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar